Kamis, 30 November 2017

Ternyata, Mendongeng itu ngga gampang lhoo

30 November 2017

Alhamdulillah..Mendapat materi baru tentang Mendongeng, hmm..awalnya saya pede mengatakan 'aah..gampang itu mah' tapi begitu praktek malam ini, O O..ternyata yang saya sebut mendongeng itu berbeda dengan membacakan cerita.

Membacakan buku cerita, saya ngga pusing harus merangkai kata maupun pesan moral yang akan disampaikan, sedangkan mendongeng, saya harus benar - benar membuat cerita imajinatif yang berkesan, hingga sampai pesan moral atau nilai cerita yang saya sampaikan.

Hari ini memang saya berjanji akan mendongeng, bukan membacakan cerita. Jika biasanya kami membuka buku secara acak, trus saya bacakan menjelang tidur, kali ini berbeda. Setelah anak-anak mengatur posisi tidur mulailah saya memancing mereka dengan pertanyaan : 'hewan apa yang kalian suka?' dengan spontan mereka menjawab kucing dan sapi. Maka saya mengambil dua hewan itu sebagai tokoh di dongeng saya malam ini, nilai moral yang ingin saya sampaikan adalah kebaikan yang kita tanam, akan kita panen beribu kebaikan di kemudian hari.

Awal mendongeng saya seringkali terdiam sebentar sekedar mengambil jeda cerita, 'nnnggg' atau 'hmmm' , sedangkan mereka tidak sabar dengan kelanjutan dongeng saya. Ternyata mendongeng itu tak gampang' ya Buu..pakk..
Betul-betul butuh daya imajinasi tinggi dan kreatif mengolah kata. Beberapa kali saat mendongeng saya mengkroscek 'apakah anak-anak bisa membayangkan bagaimana ceritanya. Dongeng saya akhiri dengan memasukan nasehat-nasehat  ringan , dan hikmah dari cerita tersrbut. Alhamdulillah mereka menyimak dongeng dari awal sampai akhir.

Mungkin nanti saya akan mendongeng singkat di waktu-waktu bebas saat bermain atau bersantai .

#day1
#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayiip
#grabyourimagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar