Jumat, 01 Desember 2017

Tentang Disiplin waktu


Sesorean, selesai tertib sore..kita nyantei ngobrol dikamar, sambil menunggu magrib. Lumayan capek juga ngawal mereka jalan di mall siang-siang, mana mall penuh karena long weekend.

Zaki cerita bahwa ia baru ingat gambar yang diwarnain hari Jum'at minggu lalu lupa dikumpul, dan ia minta diingatkan Senin untuk dibawa ke sekolah. Eh saya jadi lihat ke dinding kamar, ada gambar-gambar yang dibuat Zaki, sengaja ditempel di dinding karena dia senang bisa menggambar. Ada kelinci berbulu warna warni, gambar buldozer dan gambar truk pemadam kebakaran favoritnya.


Mmmm..jadi tertantang membuat cerita dari 3 gambar itu, saya mengajak anak-anak menyebutkan gambar itu satu per satu, dan mengalirlah cerita tentang kelinci yang keasyikan main dan lupa pamit pada ibunya hingga tersesat di hutan yang sedang diratakan para penebang kayu. Saya mencoba merangkai cerita dari gambar kelinci dan buldoser, akhir cerita kelinci menyesal telah lupa waktu dan membuat ibu kelinci khawatir.
Moral cerita ini adalah tentang disiplin waktu dan adab kepada orang tua, saya pun mengajak berdialog Zaki dan Azzam tentang disiplin waktu, seringkali mereka terlambat pulang setelah bermain sore ba'da ashar.
Semoga dengan cerita yang saya bawakan mereka lebih faham bagaimana memanfaatkan waktu dan menghargai orang tua.

#day2
#tantangan10hari
#level10
#kuliahbumsayIIP
#grabyourimagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar