Rabu, 22 November 2017

Kreatifitas dalam rumah tangga

22 November 2017

Tak pernah menyangka, bahwa kreatifitas itu begitu luas maknanya, tak semata diartikan sebagai membuat sesuatu dari barang bekas, atau menghasilkan sesuatu yang unik dan berbeda. Kenyataannya kreatifitas diawali oleh sebuah pemikiran yang matang, proses kreatif melibatkan banyak faktor disekitar kita, cara pandang dan sikap kita akan suatu hal.
Beberapa hari ini saya diajarkan bagaimana melihat sekitar dari berbagai sudut pandang, melihat dengan cara yang berbeda, saya belajar lagi cara berpikir kreatif, menuliskan pemikiran dalam bentuk peta- peta, menggali lebih dalam potensi yang ada disekitar yang masih bisa saya manfaatkan.

Menjadi seorang ibu dan istri rasanya wajib hukumnya berkreatifitas, selain karena perempuan diciptakan sebagai makhluk multitasking, tetapi juga memang kewajiban dan tuntutan peran agar kita lihai dan cermat melihat dan memanfaatkan kesempatan dalam mengelola rumah tangga. Kreatifitas adalah salah satu sarana yang bisa menjawab tantangan dalam hiruk pikuk rumah tangga.

Menjalani prosesnya sama halnya dengan melakukan pengamatan di laboratorium kecil pemikiran, ketika prosesnya ternyata tak sejalan dengan peta yang saya gambarkan,akan saya segera beralih ke berbagai kemungkinan yang lain, disinilah dituntut untuk terus menggali ide, memperbanyak sudut pandang, memperluas segala kemungkinan sebagai bagian dari solusi. Disitulah tantangannya.

Saya juga  mengenalkan mind mapping ke anak anak sebagai cara yang asik untuk mengenal sesuatu, memahaminya dan  sekaligus mudah mengingatnya, pada level ini, mind map sangat membantu belajar si visual.

Dalam sepuluh hari tantangan, ada beberapa projek yang pada proses akhirnya tak sesuai, misalnya re grow wortel yang ternyata busuk sebelum ditanam, saya menggantinya dengan menanam umbi herbal seperti kunyit dan lengkuas. Alhamdulillah pada akhirnya mereka tumbuh bertunas.

Kreatifitas itu tak terbatas, maka perlu digali segala potensi, dirangsang dan kemudian dilatih.

#level9
#kuliahbundasayangiip
#thinkcreative
#aliranrasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar