Rabu, 22 April 2020

Hari ke 24 : Membuat Ragi Alami dari Kismis

16 April 2020

Setelah beberapa hari lalu ragi yang terbuat dari tepung dan air saya mati, akhirnya saya memutuskan mencoba membuat ragi alami dengan air fermentasi buah, kali ini saya menggunakan kismis, karena dipercaya sebagai buah yang mudah terfermentasi dan ragi yang di hasilkan cukup kuat.

Setelah melalui proses fermentasi selama 4 hari akhirnya saya mencapatkan saripati buah kismis, yang nantinya akan saya gunakan untuk membuat ragi alami.


Sebenarnya apa sih yang membuat saya begitu tertarik dengan ragi alami belakangan ini ?, ya..diantaranya sih karena ingin mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, kebetulan saya suka bikin roti, dan ternyata salah satu bahan (ragi) bisa diperoleh denga  cara alami, makanya saya terus mencoba.

Untuk hari ini saya cukup puas ya..dengan hasil cairan fermentasi kismisnya, next akan diupdate ketika membuat ragi dengan air fermentasi kismis ini.

#harike24
#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar