Minggu, 05 April 2020

Hari ke-12 : Penting nya meal plan dan preparasi di awal pekan

Sampai di tantangan hari ke- 12, kebiasaan sarapan sehat sudah mulai terbentuk dan tubuh mulai menyesuaikan. Sekarang tinggal beralih ke menu makan besar, stok terakhir di freezer adalah dada ayam. Bagaimana caranya agar menu kali ini memenuhi kalori yabg saya perlukan dengan cara memasak cepat dan praktis.

Saya mengolah dada ayam, memanggangnya pada pan dengan variasi tumisan paprika saos tiram. Tidak memerlukan bumbu lengkap dan menjadi sajian enak dalam waktu cepat. Kurang dari 10 menit.

Biasanya, saya menyiapkan bahan makanan dan menu begitu selesai saya belanja, membaginya dalam beberapa wadah dengan penyimpanan  'first in first out', sesuai urutan  waktu penyimpanan. Mealplan sengaja di pilih bervariasi dari makanan darat dan makanan air berselang seling.

Ada perlakuan khusus bagi ayam boneless (ayam tanpa tulang atau dada ayam), biasanya saya membaginya menjadi dua bagian dan empat bagian, masing-masing di marinasi sebelum disimpan, seperti ayam teriyaki, ayam saos merah, ayam khungpao dan lain-lain. Cara ini mempermudah kita saat menggunakannya, tinggal di lumerkan( bila beku) ditambah bumbu pelengkap dan sayuran tambahan, sudah jadi hidangan enak dan cepat.

Hari ini level kepuasan atas tantangan ini hanya di level very good, karena masih sesuai track meski dalan pengaturan meal plan sepekan ternyata belum memenuhi seperti yang direncanakan

#harike-12
#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#inatitutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar