Sabtu, 03 Februari 2018

Andai saya menjadi Sekretaris Kelas Berbagi Kota Banjarmasin


Andaikata saya menjadi sekretaris Kelas Berbagi Kota Banjarmasin

Hal pertama yang terbersit ketika mengenai Kelas Berbagi adalah menyiapkan sumber daya dan program kerja yang akan saya lakukan sebagai sekertaris. Ya..pekerjaan yang terkait dengan administrasi.
Sumber daya yang kami miliki saat ini adalah semakin banyaknya member di tiap kota, khususnya Banjarmasin yang membutuhkan sarana belajar selain perkuliahan online, tetapi juga kegiatan pembelajaran offline.
Selain itu kebutuhan para member untuk selalu bersemangat dalam melayani dan berbagi hal apapun yang bernilai manfaat.
Selain itu memanfaatkan kekayaan alam Kota Banjarmasin yang kaya akan keberagaman pangan menjadi tantangan sekaligus keuntungan bagi kami untuk turut serta mengelola dan memanfaatkan kearifan lokal.
Seandainya saya menjadi salah satu pengurusnya maka struktur organisasi harus jelas kewajiban dan tanggung jawabnya.

A. Koordinator Kelas Berbagi Kota Bertanggungjawab langsung kepada koordinator wilayah tentang penyelenggaraan kegiatan tiap Kelas Berbagi per kota. Koordinator bersama ketua rumah belajar merumuskan program kegiatan dalam satu tahun kepengurusan.
B. Sekretaris Kelas Berbagi
Bertanggungjawab dengan segala bentuk keperluan administratif seperti surat menyurat, data base peserta serta melakukan narasi dan dokumentasi tiap kegiatan, kemudian meneruskannya ke menejer online wilayah untuk dipublikasikan.

Jenis kegiatan Kelas berbagi meliputi kegiatan online dan offline.
1. Kegiatan offline
Bergabung bersama Rumah Belajar yang dipegang oleh seorang PJ per Rumbel.
- Rumbel boga,
Bertujuan meningkatkan kualitas nutrisi keluarga dan nilai ekonomi bahan pangan di Banjarmasin, misalnya pemanfaatan waluh atau labu yang melimpah, buah cempedak dll.
- Rumbel sew and craft,
Bertujuan meningkatkan keterampilan para member dalam mengelola barang bekas atau meningkatkan nilai ekonomis suatu benda yang dekat dengan rumah tangga.
- Rumbel IT.
Bertujuan melatih para member untuk memanfaatkan teknologi multimedia sebagai sarana belajar dan mengembangkan diri.

Kegiatan lainnya adalah playdate member kota bersama keluarga, kajian muslimah untuk para ibu, dan fotografi untuk pemula.

2. Kegiatan online,
- Workshop online dan kulwap -kulwap bertema parenting dan kerumahtanggaan.
- Pengumpulan donasi untuk hal yang emergency sifatnya
- Safari ke radio-radio mengenalkan Ibu Profesional di Banjarmasin

Demikian rancangan program kegiatan dalam satu periode kepengurusan, andai saya menjadi sekretaris Kelas Berbagi Kota Banjarmasin.

#NHW11
#matrikulasikordinator
#manageyourteam
#iip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar