Selasa, 06 Februari 2018

Al Qur'an Al Hadi : aplikasi indeks Al Qur'an berdasarkan tema

Suatu ketika, saya mengikuti sebuah kuliah WhatsApp yang Nara sumbernya adalah Ibu Kiki Barlian, terus terang saya mengagumi beliau karena caranya mendidik dan mengasuh putera putrinya. Mengetahui dan mempunyai landasan serta sumber yang benar dan kuat adalah suatu keharusan bagi seorang ibu, ketika suatu hal ditanyakan atau dibantah oleh sang anak, ibu sia menjawab permasalahan tersebut. Salah satu tips nya adalah memandang suatu masalah dengan perspektif Al-Qur'an dan hadits.

Kini saya mencoba menautkan segala hal yang saya ajarkan kepada anak-anak tentang akhlak, ketuhanan dan nilai -nilai kehormatan berdasar Al Qur'an, suatu ketika saya kesulitan menukik sebuah ayat tentang perilaku yang terpuji, padahal Al Qur'an banyak mengupas tentang ini. Saya harus mencari tafsir terjemahan dan mencari per surat.

Dengan adanya aplikasi Alquran Al Hadi ini memudahkan saya mencari suatu tema yang saa cari karena aplikasi ini menyediakan terjemahan dan ayat -ayat yang berhubungan dengan suatu tema saja. Contohnya, saya mencari landasan hukum tentang fiqh muamalah tentang jual beli, maka indeks akan langsung menampilkan ayat-ayat dan surat yang mengupas tentang tema jual beli.

Aplikasi ini bisa didownload gratis di play store bagi handphone berbasis android.


#day3
#tantangan10hari
#level12
#kuliahvunsayiip
#keluargamultimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar