Sabtu, 17 Februari 2018

Mempersiapkan Azzam masuk SD

Akhir Januari lalu, pengumuman penerimaan siswa baru di sekolah tempat Azzam mendaftar. Hasilnya cukup membuat kami deg-degan, pengumuman tersebut menyatakan Azzam dan kami (sebagai orangtuanya) diharuskan menghadap kepala sekolah. Akhirnya kami memenuhi undangan tersebut, saat menghadap kepala sekolah kami diberitahu tentang hasil observasi psikolog dan tim penerimaan siswa baru atas Azzam.

Hasil observasi menyatakan Azzam punya tipe belajar auditori kinestetik, artinya Azzam punya kelebihan di pendengaran yang tajam dan menyukai cara belajar yang bersifat aktif, namun di sisi  lain punya kekurangan di visual dan ketelitian, juga fokus perhatian. Ini memang ciri anak auditori, gaya belajar ini memang sudah saya perhatikan sejak level 3 di kuliah bunda sayang. Kelebihan dan kekurangan Azzam menjadi pertimbangan pihak sekolah tetap menerima Azzam sebagai calon siswanya, akan tetapi dengan catatan harus bisa menyeimbangkan sisi auditori dan visualnya, serta fokus dan ketelitiannya. Untuk itu kami sebagai orang tua di berikan waktu tiga bulan kedepan untuk mengejar kekurangan tersebut untuk selanjutnya diobservasi ulang.

Dengan adanya hasil observasi ini, saya mencoba membuat waktu-waktu belajar yang tidak terikat, mengenalkan azzam pada puzzle yang dia lewatkan, permainan yang mengasah ketelitian dan belajar menulis serta membaca dengan cara yang menyenangkan. Saya terbantu dengan beberapa aplikasi android yang bisa diinstall di smartphone seperti marbel belajar membaca dan berhitung, namun untuk melatih psikomotorik nya atau motorik halusnya, saya menyediakan kertas kertas lembar kerja yang saya unduh dan cetak sendiri. Saya biasanya mengunduh dan mencetak sesuai tema mingguan yang sedang saya kenalkan. Lembar -lembar kerja ini saya dapatkan di http://www.worksheetfun.com/kindergarten-worksheets/.

Ternyata lembar kerja ini cukup menyibukkan bagi Azzam, saya hanya menyesuaikan daya konsentrasi anak seusianya yaitu 1x6 menit per worksheet. InsyaAllah akan saya teruskan pola ini untuk belajar memfokuskan Azzam pada sisi visual nya.

#day10
#level12
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip
#keluargamultimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar