Sabtu, 09 September 2017

Aliran rasa tantangan bintang keluarga

Anak - anak bagi saya adalah tantangan sekaligus amanah.
Setiap hari nya, saya selalu dikejutkan dengan hal- hal baru, yang mereka dapat di lingkungan, sekolah maupun penemuan mereka sendiri. Adakalanya saat mendapat hal baru, tugas saya menyaring berbagai informasi yang mereka dapat sekira sesuai dengan pemahaman mereka. Pun demikian saat kita hendak mentransfer ilmu untuk mereka, haruslah pandai membuat narasi dan perumpamaan yang mereka fahami.

Dari beberapa hari tantangan, ternyata saya belum bisa mengerucutkan kemana dan dimana kekuatan mereka masing - masing, selama ini mereka hanya terpantau tumbuh dan berkembang sesuai milestonenya, saya abai menuliskan hal-hal kecil namun penting tentang mereka. Sebutlah itu portofolio.

Tapi itu tak menyurutkan semangat saya membersamai mereka, empat anak lelaki yang harus saya persiapkan menghadapi perubahan zaman, sebagai dasar pondasi, kami mengukuhkan sisi spiritualitas dalam keseharian, selanjutnya adalah Budi pekerti atau akhlak, membina mereka dalam tatanan norma, baru kemudian kami beranjak pada sisi kecerdasan, mengasah akal dan fikiran mereka, menemukan passion dan bakatnya.

Empat anak dengan sifat dan karakter berbeda, tak mudah menemukan sisi uniknya, seringkali keseragaman menjadi acuan dalam mempermudah prosesnya, padahal tidak bisa kita samaratakan mereka, Butuh panduan, observasi dan pengamatan yang kontinyu Menggali sisi unik mereka,  menguatkan kelebihannya dan tak menjadikan kekurangan nya menjadi masalah utama, bisa jadi saat ini mereka sangat condong pada satu hal, namun seiring waktu akan terbentuk ketertarikan pada yang lain. Untuk itu saya sebagai orang tua WAJIB menimba ilmu, mengosongkan gelas kembali, belajar tentang bagaimana menemukan keunikan mereka, dan dari semua itu sabar adalah kunci utama yang masih saya usahakan terus menerus.

#gamelevel7
#IIP
#kuliahbunsayiip
#bintangkeluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar