Jumat, 15 September 2017

Sisihkan untuk ditabung

16 September 2017

Abis 'kuliah singkat' kemarin, kami belajar menyisihkan uang saku, termasuk saya juga.
Kalo saya, sisa uang belanja ke pasar saya masukan di toples sebagai tabungan. Azzam (usia 6 tahun 11 bulan) bertekad mengumpulkan uang saku ( menabung) agar ia bisa beli barang yang dia suka bulan depan, di hari ulang tahunnya, saya membekali uang 2000 rupiah setiap hari. Dan dia antusias menabung, sedangkan Zaki yang sama sama akan berulang tahun di bulan depan rupanya tak terlalu tertarik menabung, jadi dia masih membelanjakan jatah yang sakunya untuk snack, meski kini lebih memilih apakah jajan hanya keinginannya saja atau memang butuh. tak apa, namanya proses memahami, jadi saya biarkan dia memilah dan memilih antara kebutuhan dan keinginannya.

Lain lagi dengan Abang Ziyad, sejak seminggu lalu memang meminta uang saku teratur, saya memberi kisaran Rp. 5000 -Rp 7000, untuk kebutuhannya beli Snack sebelum kelas tahfidz mulai. Tapi saya perhatikan beberapa hari ini justru uang sakunya tak dibawa sekolah, tetapi ditinggalkan di loker. Kecuali hari Jum'at dia menyisihkan uang untuk infaq solidaritas Rohingya yang diselenggarakan sekolah.

Iseng -iseng saya hitung, uang Abang sampai di 45ribu rupiah, Sepulang sekolah saya tanya untuk apa dia mengumpulkan uang, awalnya dia tak terlalu tertarik bercerita, namun setelah dibujuk akhirnya cerita kalau dia sedang mengumpulkan uang untuk modal membeli diamond lock untuk game Growtopia yang dimainkannya. Sampai disini kami hanya mendengarkan apa yang diceritakan, meski banyak istilah game yang sy dan suami  kurang faham, tapi kami mencoba mendengarkan saja dulu. Intinya Abang sedang mengumpulkan modal untuk transaksi DL, kemudian nanti dijual kembali untuk memperoleh keuntungan.
Tentang transaksi jual beli, pekerjaan rumah untuk saya dan suami menjelaskan, kebetulan suami juga berniaga, hingga kami putuskan akan dibahas khusus tentang jual beli nanti.

#day2
#level8
#tantangan10hari
#kuliahvunsayiip
#rejekiitupastikemuliaanharusdicari
#cerdasfinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar