Rabu, 20 September 2017

Mengatur post uang saku abang

19 September 2017

Masih ingat tentang keinginannya Abang berniaga melalui game online nya? Ya..saya mencoba terus memantau perkembangannya. Tujuan kami memberi ijin Abang berjualan beli adalah sebagai sarana berlatih bagaimana berwirausaha, bagaimana menghasilkan sesuatu dari hal yang kita sukai.

Sejak Senin, uang saku Abang berkisar 5000- 7000 rupiah. Dari jumlah sekian, diharapkan. Abang mengelola keuangan sesuai post yang kita sepakati, yaitu menyisihkan uang untuk infaq dan Tabungan, sisanya untuk belanja keinginannya termasuk modal  bermain Growtopia. Rupanya Abang mencatat semua itu dalam bentuk tulisan. Padahal saya memberi contoh dengan tulisan dalam bentuk tabel. Yaitu tabel pendapatan dan pengeluaran. Tapi tak mengapa karena ini masih dalam tahap belajar. Yang terpenting abang mengetahui dan mencatat jumlah uang dan peruntukannya.

Berdasarkan catatan, ternyata Abang  sudah bertransaksi beberapa kali melalui GT. Pembelian DL Minggu lalu menghasilkan penjualan wl, sasaran konsumennya adalah teman sekelas yang baru memainkan Growtopia, nah dari hasil berjualan ini ternyata tidak dicatat, sehingga dana yang terkumpul tidak tahu kemana saja. Pun dengan jatah infaq dan Tabungan masih tak jelas, Dari sini, saya mengetahui bahwa Abang belum faham pentingnya pencatatan.

Saya mengabaikan tentang pencatatan, tapi tetap mendampingi Abang membuat mini bujet, kemana saja akan ia belanjakan jatah uang sakunya, per hari. Mengatur uang saku dan pendapatannya dari bermain GT agar sesuai dengan post nya.

#day6
#level8
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip
#rejekiiitupastikemuliaanharusdicari
#cerdasfinansial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar