Rabu, 15 Maret 2017

Melanjutkan yang tertunda

Alhamdulillah mendapat kesempatan keringanan untuk mengerjakan game level 2 ini, memulai kembali di hari ke 5 menyambung latihan kemandirian sebelumnya.
Kali ini fokus ke Abang, karena yang banyak tertinggal saat harus istirahat karena sakit, Abang Ziyad sebetulnya telah menguasai hal satu ini, yaitu membereskan tempat tidur, hanya saja karena kemarin sakit kegiatan tersebut harus kembali diingatkan lagi, hingga belum tumbuh kesadaran dalam dirinya tentang pentingnya membereskan benda benda yang sifatnya pribadi.
Ada satu alasan yang dia kemukakan tatkala saya mengajukan kegiatan ini sebagai pembelajarannya untuk mandiri. Dia beralasan bahwa pekerjaan ini adalah pekerjaan yang akan dikerjakan Acil (ART kami),  namun saya berikan pemahaman bahwa pekerjaan Acil ART hanya bersifat membantu, jadi yang bertugas dan bertanggungjawab atas hal yang sifatnya pribadi adalah diri kita sendiri.
Pagi inipun Abang menyelesaikan tantangannya dengan baik, semoga dengan latihan yang rutin diharapkan tumbuh kesadaran dalam dirinya tentang keteraturan dan kerapihan pribadinya.

Sebetulnya, kami sudah membagi teritori tiap anak di kamar ini, karena terbatasnya ruangan. Kami masih mengumpulkan mereka dalam satu kamar, tetapi masing masing bertanggungjawab dengan tempat tidur dan lemari nya.  Sampai saat ini baru Abang Ziyad yang sangat sadar wilayah, sedangkan kedua adiknya masih sering berbagi tempat atau saling mengandalkan untuk membereskan kamar.
Banjarmasin, 13 Maret 2017

#day5
#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar