Rabu, 15 Maret 2017

Jagalah milikmu dan hargai lah milik saudaramu

Banjarmasin, 15 Maret 2017

Ba'da magrib selesai mengaji, tetiba si sulung ribut berselisih dengan adiknya, hal yang diaelisihkan ternyata tali yoyo yang dibuang si adik tanpa mengkonfirmasi ke abangnya, apakah masih digunakan atau tidak. Jadilah adik bulan bulanan kemarahan sang Abang, karena dianggap tak berhak atas barang milik abangnya.
Baiklaah..sesaat saya mendiamkan karena melihat cara mereka berkomunikasi, tapi kemudian memutuskan untuk mengajak semua anak-anak bicara tentang kepemilikan.
Saya memulai tentang berbagi kamar tetapi tidak berarti berbagi benda bersama, masing-masing sudah diberi kewenangan penuh untuk menjaga, merapikan dan memanfaatkan yang sudah mama dan papa beri, seperti tempat tidur, loker kabinet pakaian dan loker mainan. Bila salah satu dari mereka lalai, maka konsekuensinya akan kesulitan menemukan dan menggunakan benda benda tersebut.
Saya kembali tegaskan bahwa kebendaan itu ada pemiliknya, jadi ketika salah satu membutuhkan yang lain, maka kita harus lebih dulu meminta izin, dan bila dirasa tak mendapat tanggapan yang diharapkan, maka boleh melaporkan ke Mama atau papa untuk meminta izin, maka Mama dan papa yang akan memutuskan seberapa perlu barang tersebut digunakan.
Tentang tali yoyo yang terbuang, Zaki meminta maap dan lain kali berjanji untuk bertanya lebih dulu untuk mengkonfirmasi. Semoga kesepakatan malam ini semakin menguatkan mereka untuk merasa memiliki, hingga tumbuh rasa percaya diri untuk menjaga dan bertanggungjawab atas haknya.

#day7
#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar