Sabtu, 11 Maret 2017

Game over..but we do it over and over again

Game sepuluh hari berakhir hari ini, Alhamdulillah..Dalam masa sepuluh hari membiasakan, mengamati proses anak-anak berlatih, saya menyadari bahwa diperlukan kelegaan hati, penerimaan, kesabaran dan arahan. Tak penting mereka kini belum terbiasa atau masih terus diingatkan, akan tetapi mereka sadar bahwa ada yang harus mereka lakukan lebih baik dari waktu ke waktu, ada hal - hal yang harus dipatuhi, dan berimbas pada kemudahan yang mereka dapatkan bila pekerjaan mereka selesai dengan baik.

Abang Ziyad masih belum bisa bangun subuh sendiri dengan Alarm, tetapi bersedia dibangunkan tanpa susah, password yang kita gunakan saat membangunkan adalah 'lepaskan ikatan syetan, lanjut berdoa bangun tidur', password ini dipilihnya karena ia ingat apa yang diceritakan ustadzah nya tentang godaan syetan di bangun pagi.
Sebagai anak yang paling besar, Abang Zy sudah lebih mandiri tanpa disuruh membereskan tempat tidur dan barang pribadinya.

Zaki dan Azzam,  mereka berdua mempunyai standar yang sama saat menyelesaikan pekerjaannya, agar tak saling lempar tanggung jawab, kami memberi tanda di masing -masing kepemilikan beserta tanggungjawabnya. Jadi, saat salah satu mengambil hak yang lain,otomatis ia bertanggung jawab mengganti. Kini mereka sedang belajar konsep kepemilikan, contohnya membereskan mainan, menjemur handuk bekas pakai, bila salah satu diabaikan, konsekuensinya langsung terasa, mainan yang tak dikembalikan ketempatnya akam sulit dicari, dan handuk yang tidak dijemur akan terasa lembab saat akan dipakai berikutnya.






Bayi kecil mulai menemukan energinya lagi setelah fase sakit beberapa hari lalu, mulai bisa ditinggalkan sebentar untuk mengerjakan pekerjaan domestik, mulai asik dengan mainan baru dan kembali bereksplorasi mendorong kursi sebagai latihan meringankan ayunan langkah kaki kaki kecil nya.
Demikian catatan kecil saya, semoga ada 10 hari 10 hari pembiasaan berikutnya yang akan saya pakai untuk menambah kemampuan Ananda untuk mandiri.

Banjarmasin, 11 Maret 2017

#day4
#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar