Selasa, 03 Maret 2020

Mengumpulkan yang terserak

Saat Bu Septi menyatakan kita beristirahat di sebuah danau, yang terbayang adalah beristirahat sejenak dari hiruk pikuk 'Hutan Pengetahuan', dan benar saja..kita diajak leyeh-leyeh menikmati semilir angin danau sembali 'mengenang kembali perjalanan'

Saat pertama kali memasuki belantara ' Hutan Pengetahuan'  berbekal peta apa yang kita butuhkan selama perjalanan, Saya saat itu menentukan empat hal penting yang akan menentukan kebahagiaan saya, bila melihat apa yang sedang saya kerjakan saat ini (camilan saya) juga merupakan makanan utama, Maka komunikasi produktif menjadi dasar utama tercapainya kebahagiaan. Saat itu saya mencari potluck yang punya tema yang sama, beberapa diantaranya menjadi makanan utama.

Berikutnya, saya mengambil makanan utama kedua dipekan ketiga,yaitu menejemen waktu, saat itu saya bergabung dengan keluarga menejemen waktu (keluarga uluwatu), disana saya menemukan sub  topik utama makanan saya, yaitu Kandang waktu dan to do list.

Pekan berikutnya, mencoba memamah ilmu berikutnya seputar ilmu Gizi dan kesehatan keluarga, disana saya belajar tentang ilmu penghitungan kalori dan olahraga di rumah.


Refleksi kelas Ulat

1. Apakah makanan yang kudapatkan sudah sesuai dengan yang makanan yang ada di petaku ?

Makanan yang saya dapatkan telah sesuai dengan apa yang ada didalam peta yang saya buat, ada 3 makanan utama yag sudah saya dapatkan, yaitu komunikasi produktif, menejemen waktu dan ilmu gizi dan kesehatan keluarga. sedangkan satu makanan lagi belum saya follow up yaitu menejemen konflik

2. Apa yang lebih banyak didapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan, makanan utama atu camilan ?

Bila diprosentase, keduanya camilan dan makanan utama berimbang, yaitu makanan utama dapat 3 ditopik utama dan 3 di sub topik dari 2 topik utama menejemen waktu dan kesehatan dan gizi keluarga.
camilan saya menapatkan potluck dari dua orang sebagai hadiah berupa menejemen waktu. potluck yang saya nikmati juga berhubngan dengan makanan utama yaitu komunikasi produktif, menejemen konflik dan gizi seimbang.

3. Apa yang membuatku bahagia belajar di hutan ilmu pengetahuan? mengapa?

saya bahagia memungut berbagai ilmu yang menarik di hutan pengetahuan, tapi saya fokus di peta yang saya buat, terutama di ilmu menejemen waktu, karena ilmunya sangat aplikatif dan mudah disesuaikan dengan gaya saya

4. Apa strategi belajar yang dirasakan berhasil selama di hutan ilmu pengetahuan ?

Strategi belajar melalui diskusi dan sharing menurut saya efektif membentuk strong will dan suport system yang efektif agar kita fokus pada apa yang kita butuhkan

5. Apa yang harus ditingkatkan lagi ? 

Sekali lagi, STRONG WILL dan STRONG WHY adalah halyang penting sebagai motivasi utama kita belajar, selanjutnya adalah komitmen dan konsistensi saya dalam menjalankan apa yang sudah saya pelajari selama di hutan pengetahuan.

Demikianlah refleksi belajar selama berada di kelas ulat, semoga menjadi bekal mumpuni untuk bertumbuh di kelas berikutnya.

#janganlupabahagia
#bundacekatan1
#buncekbatch1
#kelasulat
#pekanke7
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar