Senin, 04 Desember 2017

Menantikan saat bersafar

4 Desember 2017

Senin ini anak - anak sudah mendapat pengumuman jadwal penilaian akhir semester di sekolah,  Zaki dan Abang Ziyad punya jadwal yang sama, sedangkan Azzam yang masih TK berbeda jadwal, yang menjadi fokus Zaki adalah jadwal hari terakhir PAS, karena dia tau bahwa kami berencana melakukan perjalanan ke rumah Kiki. Sayangnya dalam pengumuman tidak disebutkan kapan libur sekolah dimulai, Zaki pun terlihat kecewa tapi juga bertanya-tanya kapan libur dimulai.

Untuk menenangkannya, saya mengajak Zaki bercerita, apa yang dia inginkan saat dirumah Kiki nanti, mengalirlah cerita angan-angannya tentang liburan.
"Zaki mau mancing di kolam aki di belakang rumah, atau di dekat kebun. Ikut aki naik motor jalan-jalan ke stasiun kereta, mau lihat kereta jalan! Sama minta dibeliin mainan, Kiki kan baik" ujar dia
" InsyaAllah boleh aja, tapi Zaki harus nurut apa kata aki ya, sekarang Zaki belajar yang baik dulu ya..kan mau ulangan"
" Mama sudah beli tiket belum?"
" Belum, tapi nanti InsyaAllah beli" kata saya

Sore nya, setelah menjemput Abang sekolah. Lagi -lagi pertanyaan tiket sudah dibeli belum. Sebetulnya memang belum memesan tiket karena jadwal yang masih belum tentu, tapi saya mengajak mereka membayangkan bagaimana perjalanan kita akan dimulai. Kita menyebutnya sebagai safar, maka apa saja yang harus kita lakukan selama melakukan. Safar sebagai seorang muslim, dimulai mengajak mereka menghapalkan doa naik kendaraan, doa meninggalkan rumah, kewajiban menunaikan salat selama safar dan adab ketika bertamu.

 Semoga mereka sabar hingga waktunya tiba, insyaAllah. Terbersit dalam hati mereka begitu rindu dengan kakek neneknya, begitu pula saya, sedang kesempatan ini baru datang setelah yg tiga tahun, jadi wajarlah mereka sangat antusias dengan perjalanan ini

#day5
#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayiip
#grabyourimagination



Tidak ada komentar:

Posting Komentar