Rabu, 06 Desember 2017

Bersyukur adalah salah satu cara berbahagia

6 Desember 2017

Sejak semalam hujan turun cukup deras dan menyisakan genangan di halaman rumah, kolam ikan juga meluber, kebun singkong punya kai terimbas, dan beberapa pohonnya tumbang,  pagi nya kai sudah sibuk membereskan pohon singkong, sekalian memanen singkong yang memang sudah cukup umur. Alhamdulillah singkongnya besar-besar. Kami kebagian 3 umbi singkong yang lumayan besar.

Karena besok ujian, hari itu anak-anak pulang lebih cepat. Jadi ada jeda waktu luang yang lengang aktivitas,  sambil menikmati ongol-ongol singkong bikinan pagi saat mereka sekolah. saya alihkan aktivitas menonton TV dengan bercerita.

Tentang rasa bersyukur yang harus selalu kita jaga disaat susah sekalipun, seorang kakek penjual pisang tampak tersungut-sungut mendorong sepeda nya, isinya beberapa sisir pisang kepok dan Ambon yang menguning, namun sejak pagi hingga sore tak ada satupun pembeli. Karena itu sang kakek terlihat kesal.

Dari jauh terlihat seorang penambal sepatu dengan pikulannya, jalan penuh semangat dan begitu mereka berpapasan, dia berhenti untuk menyapa sang kakek. Ternyata dia berniat membeli satu sisir pisang jualan si kakek,  si kakek langsung bergembira, tapi kemudian bertanya untuk siapa pisang itu? Jawaban si tukang sol sepatu menyadarkan sang kakek tentang rasa bersyukur.
Ternyata pisang itu sebagai bekal perjalanan,  menjalani setengah hari jelang sore, menyusuri jalan menjajakan jasa menambal sepatu. Hanya dengan berjalan kaki dengan beban pikulan di pundak. Sedangkan si kakek menjajakan pisang dengan sepeda yang masih kuat ia kayuh, jikapun ia lapar. Masih ada pisang pengganjal perutnya. Alangkah malunya sang kakek dengan. Rasa tak bersyukurnya tadi. Dibandingkan dengan tukang sol sepatu, bebannya tak terlalu berat. Aah..kita memang kadang kurang bersyukur dengan. Keadaan kita, maka dari itu akan lebih baik bila kita melihat contoh orang anggota lebih susah dari kita, bukan orang yang lebih dari kita, dengan begitu kita belajar mensyukuri keadaan.

#day6
#tantangan10hari
#level10
#kuliahbunsayiip
#grabyourimagination


Tidak ada komentar:

Posting Komentar