Sabtu, 10 Juni 2017

Menyaksikan kebenaran yang tertulis

Ba'da magrib seperti biasa, saya kondisikan mematikan semua gadget dan tv, fokus menunggu anak anak pulang shalat magrib, ternyata hanya Abang Ziyad dan Azzam yang pulang, Zaki memilih main di mesjid. Tak apalah..
Alhamdulillah, tanpa disuruh Abang menyambung bacaan kemarin tentang hikmah alam dalam bukunya Subhanallah. Sedangkan saya masih memilah buku apa yang akan dibacakan, karena siang tadi anak - anak menonton film Moana, petualangan di lautan, akhirnya saya mengambil buku amazing stories dan memilih judul bintang, Azzam nampak antusias karena cerita nya saya sambungkan dengan kisah Moana yang berlayar di lautan dan harus belajar rasi bintang untuk membaca arah. Selesai membaca. Saya lihat langit cerah malam ini dengan purnama yang hampir sempurna.
Sekalian saja saya ajak anak -anak untuk melihat fenomena alam ini, hitung hitung observasi, mengamati langit terang malam ini.
Lampu teras sengaja di matikan, biar bintang jelas terlihat. Kami melihat langit sebelah timur, bulan bulat bercahaya anggun, Abang mengacung acungkan telapak tangan A la moana mencari rasi bintang hehe..disitu saya iseng mengutip komentar Maui pada Moana, bahwa posisi telapak tangan harus tepat, karena kamu bukan lagi ngajak 'kompakan' sama langit..kami jadi ketawa bareng. Sebetulnya saya juga belum tau cara yang benar membaca rasi bintang, hmm..biar jadi Pe eR berikutnya deh..
Ketemulah kami dengan rasi bintang layang-layang di langit bagian selatan, senangnya Abang Ziyad dan Azzam, jadi sekalian deh Nerangin arah mata angin..nyambung ke Kiblat shalat, tarik ke ayat ayat Allah tentang pergerakan benda benda angkasa walau saya ngga hapal surat apa,ayat berapa, tapi InsyaAllah yang saya sampaikan benar.
Lagi asik ngamatin langit Utara nyari scorpion, si papah mengagetkan kami dari belakang, beliau baru tiba dari buka bersama klub nya, disusul adzan isya. Berakhirlah belajar kami malam ini.
Sementara mereka ke mesjid, sy tempelin daun penanda bukubyg sedang kami baca. Daun hijau untuk buku yang saya bacakan untuk semua, daun oren, buku yang dibaca secara pribadi oleh saya, papahnya, maupun ziyad.
Sepulang dari mesjid Zaki protes melihat daun hijau sudah terpasang lagi diranting. Itu artinya dia melewatkan satu judul buku, tapi saya menenangkan..karena kita masih akan membaca buku itu besok.

#day2
#gamelevel5
#tantangan10hari
#kuliahBunsayIip
#Forthingstochageimustchangefirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar