Jumat, 10 Februari 2017

clear and clarify

"Neng, dimana botol minum?"
"Di meja, samping kulkas!"
"Dimananya?"
"Meja kecil samping kulkas, Deket toples peyek Yaang"

'Mesti deh, kalo nanya kamu tuh mesti detil, infonya ngga akurat'😌 gitu kata suami.
Saya jadi mengerutkan kening,  dihitung hitung, dialog seperti ini sering terjadi, jadi menyangsikan diri apa iya ya saya tuh ngga akurat orangnya, padahal perasaan ngasih info sudah jelas, tapi masih dirasa kurang detil. Hal semacam ini tak jarang jadi perdebatan kecil antara kami.
Belum lagi jika kita salah menafsirkan info dari pasangan, ujung ujungnya bisa salah faham. Dalam komunikasi produktif di kenal clear and clarify, yaitu membuat pernyataan atau pertanyaan yang jelas, lalu jika dirasa kurang jelas maka kita bisa mengklarifikasi.
Jadi saat tadi nonton tv, saya kembali nyolek suami buat fokus sebentar.
'eh mas, kalo aku bicara memangnya suka ngga jelas ya?
' ngga' jawaban khas laki laki nih..
' trus kenapa suka bilang aku orangnya ngga detil'
' hmm..ya kadang gitu'
' ya udah..jadi kalo ntar ngobrol ada yang kurang pas atau kurang jelas, boleh kok menyampaikan ulang, jangan bosan yaa. Terus ntar kalo aku kebanyakan nanya ya mohon sabar ya..kadang ya berasa lemot juga, tapi kalo bisa mengindari salah faham kan bagus malahan'
' hmm..iya'  katanya..

Yaah semoga semakin sering berlatih, semakin terbiasa berkomunikasi secara produktif, maka semakin baik pula hubungan keluarga. Aamiin

Banjarmasin, 10 Januari 2017

#hari10
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#bunsayiip

1 komentar: