Rabu, 24 Januari 2018

Belajar melalui mengajar (aliran rasa level 11)

Membangkitkan fitrah seksualitas anak (level11)

Mendapat kesempatan menimba ilmu di kuliah bunda sayang sungguh tak pernah menyesal, pun saat harus melakukan presentasi seputar materi level sebelas tentang pentingnya meningkatkan fitrah seksualitas pada anak.

Proses kordinasi dengan teman sekelompok, pengumpulan bahan materi hingga akhirnya jadi sebuah materi yang pantas untuk dipresentasikan menjadi hal yang membuat bersemangat tapi juga menjadi tantangan.

Kali ini kami ditantang tak hanya belajar dengan melakukan  (learn by doing) tapi kami juga ditantang belajar dengan mengajar melalui suatu media pembelajaran. Media yang dipilih adalah presentasi di kelas.

Banyak pelajaran penting tentang cara belajar melalui mengajar, karena bentuknya presentasi kami harus mempersiapkan materi semenarik mungkin, dengan bahasan materi yang sama namun dengan rasa yang berbeda, kelompok saya terkendala perbedaan waktu, ini berdampak pada diskusi kami yang kadang selisih waktu, tapi Alhamdulillah kami bisa tetap menyetor bahan diskusi dan mempresentasikannya. Namun, saat tiba waktu kami presentasi, grup kelas mendadak sepi, saat presentasi dibuka untuk diskusi sampai berganti hari, hampir tak ada yang menanggapi, ada beberapa teman yang menanggapi seperlunya dan diakhir hari, seorang teman barulah menanggapi presentasi kami secara serius. Ini membuat kelompok kami sedikit kecewa, karena di kelompok sebelum-sebelumnya diskusi selalu ramai dan hangat, entahlah kami saat itu salah mengambil timing, atau memang presentasi kami kurang menarik?. Ini menjadi catatan buat saya dan kelompok untuk lebih berusaha lagi menyajikan yang terbaik.

Namun demikian, hal ini menjadi tak berarti dibandingkan ilmu yang saya dapat selama 10 hari mengenai berbagai sudut pandang pentingnya membangkitkan fitrah seksualitas pada anak. Banyak sekali catatan yang saya kumpulka, semoga menjadi bekal saya membangkitkan fitrah seksualitas pada anak-anak saya.

#aliranrasa
#level11
#kuliahbunsayiip
#membangkitkanfitrahseksualitasanak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar