Selasa, 01 Agustus 2017

Mengenal alat ukur di dapur

1 Agustus 2017

Ba'da isya baru sempat buka chat grup, ternyata besok giliran acara olahraga bersama untuk kelas Abang Ziyad. Karena ini barubpekan pertama, agenda kegiatan nya berupa makan sehat gizi seimbang. Saya tanya besok mau bawa bekal apa ke sekolah, si Abang malah bingung, dia ga mau bawa nasi goreng atau sejenisnya. Saya tawarkan pancake atau waffle, eh dia langsung sumringah semangat, waffle dipilihnya karena sudah lama kami ngga bikin waffle.

Saya minta dia menyiapkan bahan-bahan untuk adonannya, karena resep yang biasa digunakan adalah adonan yang diinapkan hingga saat besok pagi tinggal panggang saja, lebih menghemat waktu. Saat menyiapkan bahan dan alat, saya kenalkan alat ukur yang biasa saya gunakan didapur selain timbangan, yaitu mangkuk dan sendok ukur. Karena resep menggunakan ukuran cup/mangkuk, saya pun senang karena sekalian mengenalkan alat ukur dan satuan berat untuk tiap tiap mangkuk dan sendok ukur.

Saya memancing dia untuk bertanya lebih jauh tentang alat ukur maupun satuan berat. Dan pertanyaan pertama adalah, jumlah bahan yang diukur cup, sama ngga dengan Jumlah yang diukur dengan timbangan. Pertanyaan bagus, saya jelaskan bahwa ada sedikit perbedaan jumlah masa jenis bahan yang ditimbang dengan yang diukur dengan cup.

Misalnya dalam ukuran cup ada 1 cup, 1/2 cup, dan seterusnya hingga terkecil adalah 1/4 cup, sedangkan 1 sendok teh hingga satuan terkecil adalah 1/4 sendok teh, contohnya untuk jenis bahan tepung, 1 cup tepung setara dengan 150 gram bila diukur dengan timbangan digital, akan menunjukan angka segitu.

Setelah menakar, adonan disimpan dengan ditutup, dan dibiarkan disuhu ruang.

#day9
#tantangan10hari
#game6
#kuliahbunsayiip
#ilovemath
#Matharaoundus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar