Kamis, 03 Agustus 2017

Minum air putih dan belajar konversi satuan berat

3 Agustus 2017

Pagi sebelum mengantar anak-anak sekolah, tetiba Azzam badannya demam dan mengaku pusing serta bibirnya perih, saya perhatikan sudut-sudut bibirnya memang tampak kering dan lecet, hmm..sariawan nih pikir saya.

Saya masih mencari sebab kenapa Azzam sering sekali kena radang tenggorokan dan sariawan, dugaan sementara sih karena kebersihan mulutnya yang kurang, dugaan lain adalah asupan cairan yang kurang. Jadilah hari pagi itu saya ngobrol panjang lebar tentang kebutuhan cairan tubuh kepada anak anak termasuk Azzam.
Karena tubuh kita terdiri dari 80 persen cairan, maka menjaga asupan cairan menjadi sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh sehat terus berjalan, karena tubuh harus bekerja lebih keras jika kurang cairan, salah satu pertanda dan pengingat dari tubuh adalah sariawan atau panas dalam. Sepintas obrolan saya sih ngga terlalu spesifik menjelaskan kerja tubuh. Cuma menekankan pentingnya lebih banyak minum air putih.

Si Abang yang sudah paham langsung menyahut bahwa tubuh memerlukan setidaknya 8 gelas sehari untuk diminum. Saya pancing deh menariknya ke logika matematika, jika satu gelas air berjumlah 250 ml, berapa ml yang dibutuhkan tubuh?
Jawabannya adalah 2000 Mili liter, dan saya minta abang mengkonversikan ke satuan liter,
Yup 2 liter air yang harus kita minum, itu paling sedikit. Jadi akan lebih oke kalau bisa lebih.

Si adik Azzam dan Zaki turut ambil pendapat, bahwa jika kita banyak minum akibatnya bakal pipis terus dan bisa mengompol. Ha-ha-ha..ini sebenernya berkaitan dengan Zaki yang masih suka malas pipis sebelum tidur, hingga terkadang bila pipis diwaktu tidurnya, terhuyung-huyung bahkan tak jarang hingga mengompol di kasur. Bercerita lah saya tentang pengeluaran racun dari dalam tubuh, nah BAK ini termasuk salah satu mekanisme tubuh membuang racun yang tidak berguna untuk tubuh.
Mudah - mudahan cerita pagi ini membekas di imaji mereka

#day10
#tantangan10hari
#game6
#kuliahbunsayIip
#Ilovemath
#matharoundus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar