Selasa, 04 April 2017

Belajar berniaga

4 April 2017

Sekolah abang mengadakan program 'bussiness day on arbain'. Artinya setiap murid yang berminat boleh berperan sebagai produsen, distributor maupun konsumen, kegiatan ini terkait dengan materi pelajaran wirausaha di Tema 8 kelas 4 semester ini.

Sepulang sekolah, kami berdiskusi bagaimana jika program sekolah Abang juga kita masukkan ke family project kita, kita akan belajar bagaimana menghasilkan uang melalui sebuah usaha niaga. Kebetulan anak - ,anak khususnya Zaki dan Azzam makin sering meminta uang jajan.

Malam ini kami rapat kilat menentukan jenis makanan yang akan kita produksi dan kita jual, tercapai kata sepakat mini Cake dan macaroni schootel. Urusan produksi menjadi tanggungjawab saya,mengingat waktu yang mepet, untuk acara keesokan hari, jadi Abang Ziyad hanya mengamati proses produksi mulai menakar bahan, mengadon, mencetak dan memanggang.  Rencananya esok pagi Abang Ziyad dan Zaki Azzam ikut proses mengemas produk untuk dijual.
Pada tataran teori, saya menjelaskan tentang perniagaan dalam Islam, yaitu jual beli. Tentang bagaimana syarat terjadinya jual beli hingga sah nya akad jual-beli. Rantai ekonomi yang dimulai oleh produsen (saya) Sebagi pembuat produk, kemudian Ziyad sebagai penjual produk berperan sebagai distributor atau penyalur produk yang saya buat hingga sampai kepada konsumen sebagai penikmat/pembeli.
Diharapkan melalui kegiatan ini bertambah pengetahuannya, pengalamannya dan terpenting adalah nilai keberkahan setiap usaha yang dijalankan dengan niat yang baik tentu akan menuai hasil yang baik.
Sempat foto buram pas mereka bantu prepare saya manggang macaroni schotel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar