Kamis, 24 November 2016

Merancang hari hari penuh makna

Materi pekan ini tentang menejerial, bahasannya cocok sekali dengan saya yang kerap merasa bosan dan bingung dengan hal hal begitu saja yang berjalan setiap harinya. Rutinitas hanya sebatas kewajiban, melegakan ketika sudah dilaksanakan, tetapi tidak membawa kita jauh ke depan, karena ada semacam perasaan toh hari hari ke depan yang dihadapi adalah hal yang sama. effortless lah ya..
Tetapi kemudian di Iip kami diajarkan untuk cekatan, inilah salah satunya, Nice Homework pekan ini tentang mendobrak rutinitas menjadi jalan lurus untuk meningkatkan kualitas diri, sebutan versi saya untuk jam terbang.
Untuk mendapatkan track lurus, kita di pandu untuk memilah dan memilih kegiatan harian yang penting dan ngga penting.  Kalo saya, 3 hal penting di daily routine saya adalah mengurus anak-anak, antar jemput sekolah dan beraktivitas di dapur. Sedangkan pembandingnya adalah kegiatan yang ngga terlalu penting lah..bagi saya bisa jadi itu pegang gadget, tidur siang atau sekedar bengang bengong ngga jelas selepas hal utama dilakukan.
Dari ketiga Hal penting diatas, porsi waktu terbanyak saya memang untuk mengurus anak, mempersiapkan kebutuhan dasarnya hingga mengisi kebutuhan jiwanya. kegiatan penting berikutnya adalah antar jemput, dan memasak. Keduanya penting, namun pada prakteknya adakalanya pekerjaan ini bisa didelegasikan kepada suami maupun art. Waktu terkait 3hal utama diatas adalah kesempatan saya meningkatkan kualitas diri, misalnya saya berperan sebagai fasilitator saat mengasuh anak, menemani mereka belajar, membersamai tumbuh kembang mereka, lalu menyusun rencana ajar dan mengumpulkan portofolio setiap perkembangannya.
Selanjutnya mengupgrade kemampuan saya dalam safety riding, mungkin awalnya melengkapi standar keamanan mengemudi bersama anak, tahap selanjutnya mengambil short coure untuk mengendarai mobil, dan terakhir mengurus surat ijin mengemudi. Mengenai waktu masih didiskusikan bersama suami.
Berikutnya adalah aktivitas di dapur, terkadang aktivitas inilah yang menyedot waktu, karena berkaitan dengan passion' saya dalam bake and pastry. Untuk itulah sesuai dengan checklist di nhw beberapa pekan lalu, jam terbang sengaja hanya saya ambil 2 x dalam seminggu menjelang akhir pekan. Sedangkan kegiatan rutin memasak diusahakan tidak terlalu menyita waktu banyak di dapur.

Dibawah ini adalah rencana daily activity  yang akan saya cobakan dalam sepekan ke depan.

A. Shubuh - 08.00  Tertib Pagi,
     Mengkondisikan ibadah bersama, lanjut ke dapur dan anak anak tertib pagi yang meliputi      bersih diri dan persiapa sekolah, sarapan dan diakhiri dengan mengantar ke sekolah
B.  Jam 08.00 - 09.30 Pagi bersih
      Kegiatan meliputi rutinitas bersih dan beres harian  ( didelegasikan ke art, bila tidak                 hadir, saya handle sendiri) dan  baby care  (mandi makan dan menyusui, menidurkan)
C. Jam 09 .30 -11.30 memasak  (sebagian didelegasikan ke art, waktu sisa bisa sy gunakan      untuk baby floor time (menstimulus kemampuan bayi, bila tidur sy ambil waktu untuk              menulis atau mengecek grup parenting), diakhiri dengan menjemput anak anak
D. Jam 12. 00- 13.30 ishoma
E. Jam 13.30- 15.30 Screen time for Azzam Zaki (menonton film atau menyetel cd                        interaktif), floor time for baby dilanjutkan tidur siang
F.  Jam 15.30-17.00 persiapan mengaji Zaki azzam, Saya mengisi dengan menulis, baca            gadget time
G. Jam 17.00-18.30 Tertib sore, siap magrib dan makan malam
H. Jam 19. 00-20.00 fun time( bercengkrama bersama, evaluasi harian, shalat isya)
I.   Jam 20.00-20.30 persiapan tidur (bed time story)
J.  Jam 20.30- 21.30 mengerjakan rutinan yang tertinggal dilanjutkan istirahat

Semoga saya bisa konsisten melaksanakan jadwal harian ini, sepekan kedepan akan dievaluasi apakah jadwal berjalan sesuai rencana, atau memerlukan perubahan.

Banjarmasin, 25 November 2016
Untuk memenuhi NHW6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar