Sabtu, 17 Desember 2016

Memulai perubahan dari rumah

Tak terasa, perkuliahan Matrikulasi IIP sudah sampai diakhir. Selama sembilan pekan perkuliahan, sungguh telah banyak membawa manfaat, semangat dan pencerahan tentang bagaimana sesungguhnya kita menjalani hidup dengan peran yang kita ambil.
Selain membuka cakrawala berfikir, selama perkuliahan mengajarkan kita tentang pertemanan sesama peserta Matrikulasi yang subhanallah, terjalin hangat dan erat, saling mengingatkan saling mensuport bahkan saling menghibur.

Kembali kepada pokok materi perkuliahan, tahapan menjadi ibu profesional akan mencapai tahapan Bunda shalehah ketika ibu sudah menyelesaikan bunda sayang, bunda cekatan dan bunda produktif. Peran bunda sayang dan bunda cekatan harus terpenuhi untuk melanjutkan ke tahap bunda produktif dan bunda shalehah, artinya ibu harus menyelesaikan kewajiban domestiknya untuk berperan di ranah publik. Maka berkaitan dengan misi kehidupan pribadi dan keluarganya, semua komponen akan saling berkaitan. Dimana si ibu adalah pendidik pertama anaknya dalam keluarga, unit terkecil dalam sebuah peradaban, untuk itu ditangan ibulah semua bermula.

Ketika ibu berperan optimal di keluarga, maka dari situ perubahan masyarakat dibuat. sejalan dengan passion yang dimiliki, kemudian berempati pada sekitar akan menimbulkan perubahan sosial, meski dalam tataran sederhana, ibu merupakan salah satu agen perubahan.

Mencoba menggali passion kemudian melihat isu sosial yang berkembang di masyarakat sekitar, saya mencoba menemukan formula apa yang kira kira bisa saya lakukan untuk mengambil peran untuk kebermanfaatan.


Alhamdulillah selesai tugas mendesain diri dan keluarga, semoga dengan berakhirnya matriulasi membawa perubahan positif bagi saya dan keluarga. Aamin

Medio Desember 2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar