Rabu, 19 Oktober 2016

Catatan penting tentang apa yang kupilih

Bismillahirrahmanirrahim
Sebagai catatan penting bagi saya sekaligus memenuhi tugas Nice Homework Matrikulasi IIP batch2.

Saya, seorang ibu dari empat putera. Empat putera bagi sebagian orang dianggap momok karena tentu akan lebih membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Demikian juga dengan saya yang menjalani, meski tidak seseram itu tentunya, namun saya akui, memang energi lebih banyak dibutuhkan saat membersamai mereka.

Bagi saya yang utama saat ini adalah penguatan pribadi saya, karena seringkali merasa lemah secara emosional dan sering merasakan hal - hal negatif melingkupi diri dalam menjalani peran sebagai ibu dan istri. Sebagai individu, penguatan personal atau pribadi penting, tak sekedar untuk mempertahankan eksistensi diri, melainkan sebagai perwujudan tanggung jawab pribadi kepada Sang Pencipta terkait dengan maksud penciptaanNya. Dan sebagai seorang ibu dan istri, Saya menjadi salah satu pilar utama yang bertanggungjawab atas pengasuhan, pendidikan dan muara kasih sayang dalam keluarga. Maka saya ingin senantiasa memperkuat diri, belajar terus selama sisa usia, memaksimalkan potensi diri, meminimalisir aura negatif dengan sugesti yang positif, menebarkan sebanyak banyak kebaikan dan manfaat dalam keluarga maupun lingkungan sekitar.

Penguatan personal seperti apa yang saya butuhkan saat ini? Secara ruhiyah, saya ingin senantiasa menggali ilmu agama, yang mendekatkan diri pada Allah SWT,  secara nalar saya ingin fokus pada pengasuhan anak dan menejemen keluarga.

Setelah menemukan apa yang saya butuhkan, maka saya harus merancang bagaimana kebutuhan itu terpenuhi, terkait dengan ilmu agama, maka saya tak akan segan untuk bertanya kepada orang yang punya kapasitas ilmu yang dapat  dipertanggungjawabkan. Mencari kebenaran yang sesuai dengan tuntunan agama berdasarkan Al Qur'an dan hadits melalui majelis majelis ilmu, berusaha mengamalkan tuntunan agama dengan menerapkan dalam kehidupan sehari hari baik pribadi maupun keluarga dan bermasyarakat. Fokus berikutnya adalah ilmu pengasuhan dan menejemen keluarga, bila selama ini pola pengasuhan hanya mengambil contoh dari pola asuh orang tua, maka saatnya melihat lebih, sekuat apa keinginan saya dan  pasangan tentunya,melihat keberhasilan anak kelak dunia maupun akhiratnya, adalah tergantung kami mendidik dan mengasuhnya sebagai orang tua. Ikut bergabung dalam support grup atau komunitas, mengikuti perkembangan ilmu parenting dan menejemen keluarga, mengambil sebanyak manfaat yang sesuai dengan value keluarga kami, meninggalkan hal hal yang kurang sesuai dengan tujuan kami. Bila perlu sesekali mengcharge diri mengikuti pelatihan menjadi orang tua yang banyak diselenggaran komunitas. memperbanyak  bacaan dan mengumpul kan catatan- catatan penting untuk dipraktekkan bersama keluarga.

Menuntut ilmu harus disertai niat yang lurus karena Allah ta'ala, untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Terkait dengan Adab menuntut ilmu, saya akan memposisikan diri sebagai seorang yang haus ilmu, menyimak khusuk  materi yang disampaikan, bilapun ada yang dirasa kurang paham bertanyalah dalam bahasa yang santun, bila ada hal - hal yang tidak sejalan dengan tuntunan dan nilai yang kami anut, tinggalkanlah, ambil saja yang paling sesuai dengan keadaan. Maka sebagai salah satu ikhtiar dalam menguatkan pribadi saya bergabung dengan institut ibu profesional (IIP kalsel), selanjutnya menggenapi dengan mengikuti kelas Matrikulasi batch2 sebagai sarana saya mengupdate ilmu dalam hal pengasuhan, menejemen keluarga dan tentu saja melejitkan potensi diri yang positif.

Pada Akhirnya semua bermuara kepada sang Maha Pemilik Ilmu, Semoga saya diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu bekal kelak di akhirat, kemudahan dalam mengasah mengasuh sekaligus mengasihi titipan titipanNya agar berbuah amal kebaikan yang akan dituai kelak. Aamiin..
20 Oktober 2016
#NHW1
#NHW1batch2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar